Menurut Assael dalam Abdullah dan Tantri (2018), terdapat empat jenis
perilaku pembelian konsumen berdasarkan tingkat keterlibatan pembeli dan
tingkat perbedaan antara berbagai merek :
- Perilaku Pembelian Komplek. Konsumen mempunyai perilaku kompleks jika
mereka sangat terlibat dalam suatu pembelian dan menyadari adanya
perbedaan signifikan antara berbagai merek. Konsumen sangat terlibat bila
suatu produk mahal, jarang dibeli, berisiko, dan mempunyai ekspresi pribadi
yang tinggi. - Perilaku Pembelian Mengurangi Ketidaksesuaian. Kadang-kadang konsumen
sangat terlibat dalam suatu pembelian, tetapi tidak melihat banak perbedaan
dalam merek. Keterlibatan yang tinggi ini sekali lagi berdasarkan kenyataan
bahwa pembelian tersebut bersifat mahal, jarang dilakukan, dan berisiko.
- Perilaku Pembelian Menurut Kebiasaan. Banyak produk yang dibeli dengan
keterlibatan konsumen yang rendah dan tidak ada perbedaan merek yang
signifikan. - Perilaku Pembelian Mencari Variasi. Beberapa situasi pembelian ditandai
dengan keterlibatan konsumen yang rendah, tetapi perbedaan mereknya
signifikan.
No comments:
Post a Comment