Monday, July 15, 2024

Jenis-jenis Perilaku Pembelian

 


Menurut Assael dalam Abdullah dan Tantri (2018), terdapat empat jenis
perilaku pembelian konsumen berdasarkan tingkat keterlibatan pembeli dan
tingkat perbedaan antara berbagai merek :

  1. Perilaku Pembelian Komplek. Konsumen mempunyai perilaku kompleks jika
    mereka sangat terlibat dalam suatu pembelian dan menyadari adanya
    perbedaan signifikan antara berbagai merek. Konsumen sangat terlibat bila
    suatu produk mahal, jarang dibeli, berisiko, dan mempunyai ekspresi pribadi
    yang tinggi.
  2. Perilaku Pembelian Mengurangi Ketidaksesuaian. Kadang-kadang konsumen
    sangat terlibat dalam suatu pembelian, tetapi tidak melihat banak perbedaan

dalam merek. Keterlibatan yang tinggi ini sekali lagi berdasarkan kenyataan
bahwa pembelian tersebut bersifat mahal, jarang dilakukan, dan berisiko.

  1. Perilaku Pembelian Menurut Kebiasaan. Banyak produk yang dibeli dengan
    keterlibatan konsumen yang rendah dan tidak ada perbedaan merek yang
    signifikan.
  2. Perilaku Pembelian Mencari Variasi. Beberapa situasi pembelian ditandai
    dengan keterlibatan konsumen yang rendah, tetapi perbedaan mereknya
    signifikan.

No comments:

Post a Comment