Monday, July 15, 2024

Proses keputusan Pembelian

 


Keputusan untuk membeli suatu produk baik barang maupun jasa timbul
karena adanya dorongan emosional dari dalam diri maupun pengaruh dari luar.
Proses keputusan pembelian merupakan proses psikologis dasar yang memainkan
peranan penting dalam memahami bagaimana konsumen benar-benar membuat
keputusan pembelian mereka. Proses keputusan pembelian model lima tahap
menurut Kotler (2014) adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan Masalah
    Proses pembelian dimulai ketika pembeli menyadari suatu masalah atau
    kebutuhan yang dipicu oleh rangsangan internal atau eksternal.
  2. Pencarian infirmasi
    a. Pribadi, teman, tetangga, rekan.
    b. Komersial, iklan, web, wiraniaga, penyalur, kemasan, tampilan.
    c. Publik, media massa, organisasi konsumen.
    d. Eksperimental, penaganan, pemeriksaan, penggunaan produk
  3. Evaluasi Alternatif
    Beberapa konsep dasar yang akan membantu kita memahami proses
    evaluasi. pertama, konsumen berusaha memuaskan sebuah kebutuhan.
    kedua, konsumen mencari manfaat tertentu dari solusi produk. ketiga,
    konsumen melihat masing-masing produk sebagai sekelompok atribut
    dengan berbagai kemampuan untuk menghantarkan manfaat yang
    diperlukan untuk memuaskan kebutuhan ini.
  4. Keputusan Pembelian
    Dalam tahap ini evaluasi, konsumen memebentuk preferensi antar merek
    dalam kumpulan pilihan. Konsumen mungkin juga membentuk maksud
    untuk membeli merek yaang paling disukai. Dalam melaksanakan maksud
    pembelian, konsumen dapat membentuk lima sub keputusan: merek,
    penyalur, kualitas, waktu dan metode pembayaran.
  5. Perilaku pasca pembelian
    Setelah melakukan pembelian konsumen mungkin mengalami konflik
    dikarenakan melihat fitur mengkhawatirkan tertentu tertentu atau
    mendengar hal-hal menyenangkan tentang merek lain dan waspada
    terhadap informasi yang mendukung keputusannya.

No comments:

Post a Comment