Saturday, July 13, 2024

Keputusan Pembelian Impulse buying

 


Impulse buying pada produk convenience good yaitu barang yang dibutuhkan
konsumen dan dibeli tanpa menyediakan banyak waktu. Barang ini sering tidak memerlukan
layanan,tidak mahal dan biasaya dibeli karena kebiasaan.Pembelian impulsif merupakan
suatu pembelian yang terjadi akibat adanya keinginan yang kukuh untuk membeli sesuatu
secepatnya yang biasanya dilakukan dengan tidak memikirkan konsekuensi (Utami
2010,dalam Hani zulfa)
Pembelian impulsif terjadi ketika konsumen mengalami pengalaman tiba-tiba,
memiliki dorongan yang kuat dan keras hati untuk membeli sesuatu dengan segera.Jadi dapat
disimpulkan bahwa pembelian impulsif adalah pembelian yang tidak direncanakan, dimana
karakteristiknya adalah pengambilan keputusannya dilakukan dalam waktu yang relatif cepat
dan adanya keinginan untuk memiliki secara cepat tanpa memikirkan konsekuensi yang
diterimanya.
Perilaku pembelian merupakan salah satu upaya pemenuhan kebutuhan. Dalam
pemenuhannya tersebut konsumen kadang melakukan pembelian impulsif. Pelanggan yang
sering melakukan pembelian secara impulsif sering kali mempunyai perhatian yang sangat
rendah terhadap potensi terjadinya dampak negatif sebagai hasil tindakan yang mereka
lakukan. Klasifikasi dapat diketahui motif orang melakukan pembelian impulsif. Kadang
orang melakukan pembelian produk karena membutuhkan produk tersebut untuk beberapa
hari ke depan guna menghemat waktu, biaya dan tenaga maka dia melakukan pembelian
impulsif produk tersebut pada saat belanja. Hal tersebut mengindentifikasikan bahwasannya
tidak semua pembelian impulsif merupakan perilaku yang berdampak negatif. Perilaku
pembelian secara impulsif sendiri memiliki tingkatan yang berbeda pada setiap konsumen.
Tingkat impulsifitas konsumen dapat dipengaruhi oleh tingkat kemapanan, gaya hidup,
keluarga dan faktor demografis konsumen yang variatif, seperti faktor usia, jender, latar
belakang pendidikan, tingkat pendapatan keluarga, dan komposisi keluarga

No comments:

Post a Comment