Tuesday, July 2, 2024

Kreativitas Karyawan

 


Menurut Hadiyati (2011) dalam Widiya dan Agus (2018 : 32) menyatakan
bahwa kreativitas adalah inisiatif terhadap suatu produk atau proses yang benar,
tepat, bermanfaat dan bernilai terhadap suatu tugas yang bersifat heuristic yaitu
sesuatu yang merupakan panduan, pedoman atau petunjuk yang akan menuntun kita
untuk mempelajari dan menemukan suatu hal baru.
Menurut Suryana dalam penelitian Hadiyati (2011:10) kreativitas adalah
Berpikir sesuatu yang baru. Kreativitas sebagai kemampuan untuk
mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam
memecahkan persoalan dalam menghadapi peluang. Kreativitas merupakan suatu
topik yang relevan tidak hanya bagi wirausaha yang baru memulai, tetapi juga bagi
bisnis dan kegiatan bisnis pada umumnya. Kretivitas merupakan sumber penting
dalam penciptaan daya saing untuk semua organisasi yang peduli terhadap growth
(pertumbuhan) dan change (perubahan).
Kreativitas karyawan merupakan pusat kelangsungan hidup jangka panjang
sebuah organisasi, karena dengan kreativitas karyawan akan mampu membuat ide-
ide baru yang berguna maupun mengembangkan produk ataupun jasa yang sudah
ada (Zhang and Bartol 2010). Menurut (Unsworth 2014) kreativitas dapat menjadi
bagian dari persyaratan kerja karyawan. (Zhou and George 2001) mendefinisikan
kreativitas ditempat kerja sebagai penciptaan pembaharuan, ide yang bermanfaat
dan solusi. Unsworth (2014) mendefinisikan kreativitas karyawan sebagai ide- ide
baru dan berguna yang dimiliki karyawan. Kreativitas karyawan juga didefinisikan
sebagai persepsi atau penilaian terkait dengan ide pengembangan produk, paktik,
pelayanan atau prosedur organisasi yang baru atau asli dan bermanfaat yang
dihasilkan oleh karyawan. Supervisor diminta untuk melaporkan seberapa sering
masing-masing karyawan mereka bisa digambarkan sesuai dengan item (Tierney
and Farmer 2011).
Saat berbicara tentang kreativitas pasti akan berhubungan dengan inovasi,
ada perbadaan antara kreatifitas dengan inovasi. Kreativitas cenderung kepada
pengembangan ide-ide yang memenuhi beberapa aspek yaitu baru, orisinil, relevan
dan berguna bagi perusahaan. Sementara itu sendiri inovasi adalah implementasi
dari ide-ide yang baru yang dilakukan oleh orang-orang yang berada di dalam
perusahaan (Zhou and George 2001). Sebuah inovasi yang dihasilkan oleh sebuah
perusahaan akan dimulai dengan ide-ide kreatif

No comments:

Post a Comment