Thursday, July 11, 2024

Pengaruh Ease Of Use Terhadap Pembelian Impulsive


Ease Of Use mejadi salah satu faktor yang menentukan keputusan
pembelian seseorang pada transaksi secara online karena konsumen yang ingin
melakukan pembelian secara online itu cenderung menuntut aktifitasnya lebih
mudah daripada harus ke tokonya langsung. Jadi, jika perusahaan membuat akses
transaksi secara online kemudian aksesnya itu sulit dan membuat bingung
konsumen itu malah akan membuat konsumen tidak jadi melakukan pembelian
begitupun dengan sebaliknya. Transaksi online dibuat awalnya untuk
memudahkan konsumen, oleh karena itu aksesnya harus mudah bukan sebaliknya.
Hal ini dikarenakan konsumen yang merasa lebih mudah dalam
mengakses sebuah website akan lebih meningkatkan keinginannya dalam
melakukan pembelian. Jika suatu website dari onlineshop itu sulit diakses maka
akan menurunkan niat beli dari konsumen karena banyak menemukan kendala
sebelum melakukan pembelian. Dalam proses transaksi dari sebuah website juga
harus mudah karena berkemungkinan konsumen batal membeli karena kesulitan
dalam transaksinya.
Menurut Hartono (2007) kemudahan (easy to use) didefinisikan sebagai
sejauh mana seseorang percaya bahwa menggunakan suatu teknologi akan bebas
dari usaha. Dan nantinya faktor kemudahan ini akan berdampak pada perilaku,
yaitu semakin tinggi presepsi seseorang tentang kemudahan menggunakan sistem,
semakin tinggi pula tingkat pemanfaatan teknologi informasi. Hasil penelitian ini
sejalan dengan penelitian yang dilakukanoleh Riski Armanti (2017) yang
menyatakan, kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian secara online (Studi kasus pada pengguna media social Semarang)

No comments:

Post a Comment