Saturday, July 13, 2024

Pengaruh Locus of Control Pada Impulse Buying

 


Park dan Burns (2005) dalam penelitiannya menemukan bahwa aktifitas
berbelanja pada dasarnya, melibatkan individu dalam proses penentuan pilihan
dan pengambilan keputusan. Salah satu faktor yang memegang peranan dalam
pengambilan keputusan adalah Locus of Control (Smith, 2007). Menurut
Widawati (2011), Locus of Control merupakan salah satu aspek personal yang
ikut menentukan munculnya perilaku pembelian atau belanja konsumen. Individu
dengan Locus of Control internal lebih mampu menunda kepuasan, tidak mudah
terpengaruhi oleh produk, dan mampu menahan dorongan untuk membeli.
Pinto (2004) mengatakan bahwa individu dengan Locus of Control internal
cenderung lebih percaya diri, lebih yakin, serta memiliki inisiatif dan berusaha
mengendalikan impulsifitas yang mereka rasakan. Sedangkan individu dengan
Locus of Control eksternal memiliki kecenderungan yang sangat besar untuk
melakukan perilaku Impulsive Buying. Menurut penelitian yang dilakukan oleh
Widawati (2011) mengenai hubungan antara Locus of Control pada perilaku
belanja impulsif. Hasilnya menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara
Locus of Control dengan Impulsive Buying. Konsumen yang memiliki Locus of
Control eksternal melakukan pembelanjaan impulsif. 

No comments:

Post a Comment