Thursday, July 11, 2024

Pengaruh Persepsi Keamanan terhadap Pembelian Impulsif

 Menurut Wilson et al. (2021) persepsi keamanan adalah penilaian pengguna mengenai

sejauh mana keamanan untuk melakukan transaksi menggunakan sistem atau teknologi yang
ditawarkan suatu perusahaan. Darmawan & Putra (2022) menyatakan bahwa inti dari transaksi
online adalah keamanan. Dalam konteks e-commerce, persepsi konsumen mengenai keamanan
dalam transaksi memiliki kaitan dengan tingkat kepercayaan bahwa sistem yang digunakan
terjamin aman (Wilson et al., 2021). Lebih lanjut, Kinasih & Albari (2012) menyatakan bahwa
keamanan merupakan faktor yang berperan dalam membentuk keyakinan pengguna dengan
memastikan tidak ada tindakan manipulasi data pribadi dan transaksi pengguna. Darmawan &
Putra (2022) mengungkapkan bahwa keyakinan pengguna terhadap keamanan penggunaan
suatu sistem menjadi faktor yang mendorong terjadinya pembelian impulsif di e-commerce.
Hal ini sejalan dengan Rossa & Ashfath (2022) yang menemukan bahwa terdapat pengaruh
persepsi keamanan terhadap belanja impulsif,

No comments:

Post a Comment