Menurut Wilson et al. (2021) persepsi keamanan adalah penilaian pengguna mengenai
sejauh mana keamanan untuk melakukan transaksi menggunakan sistem atau teknologi yangditawarkan suatu perusahaan. Darmawan & Putra (2022) menyatakan bahwa inti dari transaksi
online adalah keamanan. Dalam konteks e-commerce, persepsi konsumen mengenai keamanan
dalam transaksi memiliki kaitan dengan tingkat kepercayaan bahwa sistem yang digunakan
terjamin aman (Wilson et al., 2021). Lebih lanjut, Kinasih & Albari (2012) menyatakan bahwa
keamanan merupakan faktor yang berperan dalam membentuk keyakinan pengguna dengan
memastikan tidak ada tindakan manipulasi data pribadi dan transaksi pengguna. Darmawan &
Putra (2022) mengungkapkan bahwa keyakinan pengguna terhadap keamanan penggunaan
suatu sistem menjadi faktor yang mendorong terjadinya pembelian impulsif di e-commerce.
Hal ini sejalan dengan Rossa & Ashfath (2022) yang menemukan bahwa terdapat pengaruh
persepsi keamanan terhadap belanja impulsif,
No comments:
Post a Comment