Thursday, July 11, 2024

Pengaruh Persepsi Manfaat terhadap Pembelian Impulsif

 


Persepsi manfaat merupakan kepercayaan seseorang terhadap seberapa bergunanya
suatu sistem dalam menyelesaikan pekerjaannya (Nurohman & Qurniawati, 2021). Budiantara
et al. (2019) menyatakan bahwa pengguna akan menggunakan suatu sistem jika memang dirasa
penggunaan tersebut berguna. Do et al. (2020) mengungkapkan bahwa persepsi manfaat
merupakan reaksi kognitif yang timbul untuk mengevaluasi kinerja pengguna saat terjadi
interaksi antara pengguna dan sistem. Berlyanti (2022) menyatakan bahwa ketika adanya kesan
manfaat dari penggunaan sistem, pengguna cenderung merasa senang menggunakan sistem
tersebut. Hal ini dapat menstimulasi pengguna untuk melakukan tindakan pembelian secara
spontan atau tanpa terencana (Berlyanti, 2022). Do et al. (2020) yang meneliti tentang pengaruh
aplikasi augmented reality seluler terhadap perilaku pembelian impulsif, menemukan bahwa
persepsi manfaat merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pembelian impulsif.

No comments:

Post a Comment