Sunday, July 14, 2024

Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen

 


Beauty vlogger akan semakin dikenal luas karena kemampuan memberikan
informasi pada videonya membuat seorang beauty vlogger semakin terkenal karena
dipandang sebagai tokoh aspirasional yang berpengalaman dalam bidang
kecantikan. Hal ini membuat brand kecantikan melirik beauty vlogger bekerjasama
untuk mendukung brand kecantikan tertentu pada video YouTubenya. Kerjasama
ini memberikan keuntungan kepada perusahaan kosmetik sebagai strategi yang
tepat dalam mempromosikan produk agar lebih dikenal oleh banyak orang, beauty
vlogger juga mendapatkan keuntungan berupa pemberian produk-produk
kecantikan sebagai hadiah untuk mendukung pekerjaan beauty vloggersebagai
influencer kecantikan.
Menurut Belch dan Belch (2014:168) mengatakan bahwa endorser adalah
icon atau sering disebut juga sebagai sumber langsung untuk mengantarkan sebuah
pesan dan memperagakan sebuah produk atau jasa dalam kegiatan promosi yang
bertujuan untuk mendukung efektifitas penyampaian pesan produk. Untuk menilai
efektivitas seorang endorser maka dapat dilakukan evaluasi melalui nilai
kredibilitas seorang endorser tersebut. Kredibilitas merupakan pemahaman positif
yang mengacu pada karakteristik endorser yang dapat mempengaruhi orang lain
untuk menerima argumen yang disampaikan. Menurut Ohanian (2012) mengatakan
bahwa terdapat tiga dimensi kredibiitas seorang endorser yaitu Kepercayaan
(Trustworthiness), Keahlian (Expertise), dan Daya Tarik (Attractiveness). Ketiga
dimensi tersebut akan membentuk penilaian kepada beauty vlogger sebagai
endorser, sehingga setiap rekomendasi beauty vlogger akan dipertimbangkan oeh
konsumen dan akan memunculkan ransangan terhadap produk yang diulas dalam
video beauty vlogger Sari (2017) dalam penelitiannya menyatakan bahwa
kredibilitas dan daya tarik dari seorang beauty vlogger berpengaruh terhadap minat
beli.

No comments:

Post a Comment