Saturday, July 13, 2024

Pengerian Promosi

 


Promosi merupakan salah satu cara yang dibutuhkan perusahaan dalam
meningkatkan volume penjualan. Oleh karena itu, kegiatan promosi harus dapat dilakukan
sejalan dengan rencana pemasaran serta diarahkan dan dikendalikan dengan baik sehingga
promosi tersebut benar-benar dapat memberikan kontribusi yang tinggi. Memberikan Harga
diskon dapat ditawarkan sebagai pengurangan dalam hal persentase dari harga asli. Diskon
adalah pengurangan harga produk dari harga normal dalam periode tertentu.
Menurut Philip Kotler (2009) Potongan harga adalah diskon langsung dari harga
untuk masing–masing produk yang dibeli selama kurun waktu yang telah disebutkan.
Menurut Mullins, Boyd, and Larreche(2005)menyatakan promosi penjualan (sales
promotion )adalah kegiatan-kegiatan pemasaran selain penjualan pribadi, periklanan, dan
publisitas, yang mendorong pembelian konsumen dan efektivitas penyalur. Promosi
penjualan biasanya menawarkan insentif bagi konsumen dan penjual ulang untuk mendorong
permintaan jangka pendek terhadap produk.
Menurut Lupiyoadi (2013) “Promosi merupakan suatu variabel dalam bauran
pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk
jasa”. Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan
konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan
pembelian maupun pengguna dengan alat-alat promosi

No comments:

Post a Comment