Saturday, July 13, 2024

Kegiatan-kegiatan Promosi ( Bauran promosi )

 


Dalam melakukan promosiagar dapat berjalan efektif perlu adanya bauran promosi,
yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan
promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.
Terdapat lima jenis bauran atau kegiatan promosi antara lain:
1.Periklanan (advertising )

  1. Penjualan Tatap Muka (personal selling)
  2. Publisitas (publicity)
  3. Promosi Penjualan (sales promotion)
  4. Pemasaran Langsung (direc marketing)
    Menurut Rangkuti (2009) menyatakan sesuatu kegiatan tentu mempunyai
    tujuan.Demikian juga, perusahaan melakukan kegiatan promosi dengan tujuan utamanya
    untuk mencari laba. Pada umumnya kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan yang
    bertujuan sebagai berikut :
  5. Modifikasi tingkah laku
    Tujuan promosi ini adalah berusaha untuk mengubah tingkah lakudan pendapat individu
    tersebut,dari tidak menerima suatu produk menjadi setia terhadap produk dan penjual
    selalu berusaha menciptakan kesanbaik tentang dirinya atau mendorong pembelian
    barang-barang dan jasa perusahaan.
  6. Memberitahu
    Kegiatan promosi ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pasar yang dituju
    tentang pemasaran perusahaan,mengenai produk tersebut berkaitan dengan harga, kualitas,
    syarat membeli, kegunaan, keistimewaan dan lain sebagainya.
  7. Membujuk
    Promosi seperti ini terutama untuk mendorong pembeli. Perusahaan tidak ingin
    memperoleh tanggapan secepatnya, tetapi lebih mengutamakan untuk menciptakan kesan
    positif.Hal ini dimaksudkan agar promosi dapat memberi pengaruh dalam waktu yang lama
    terhadap perilaku pembeli.
  8. Mengingatkan
    Promosi ini dilakukan terutama untuk mempertahankan merek produk di hati masyarakat dan
    dilakukan selama tahap kedewasaan dalam siklus kehidupan produk. 

No comments:

Post a Comment