Sunday, July 7, 2024

Pengertian Efektivitas Kerja

 


Dalam sebuah perusahaan banyak hal-hal yang harus diperhatikan untuk
mencapai tujuan perusahaan. Salah satu nya yaitu tingkat efektivitas kerja
karyawan dalam menjalankan pekerjaan. Efektivitas menentukan keberhasilan
suatu organisasi dalam mencapai tujuan dengan tepat waktu, sehingga tidak terjadi
banyaknya pengeluaran biaya, waktu dan tenaga.
Efektivitas kerja merupakan suatu keadaan tercapainya tujuan yang ingin
diharapkan atau dikehendaki melalui penyelesaian pekerjaan sesuai dengan
rencana yang telah ditentukan. Kata efektif berasal dari bahasa inggris effective
artinya berhasil. Sesuatu yang dilakukan berhasil dengan baik. Robbins (1994)
dalam Tika (2014:129), mendefinisikan efektivitas sebagai tingkat pencapaian
organisasi jangka pendek dan jangka panjang.
Menurut Streers (1977) dalam Sutrisno (2010), pada umumnya efektivitas
hanya dikaitkan dengan tujuan organisasi, yaitu laba, yang cenderung
mengabaikan aspek terpenting dari keseluruhan prosesnya, yaitu sumber daya
manusia. Dalam penelitian mengenai efektivitas organisasi, sumber daya manusia
dan perilaku manusia seharusnya selalu muncul menjadi fokus primer dan usaha-
usaha untuk meningkatkan efektivitas seharusnya selalu dimulai dengan meneliti
perilaku manusia di tempat kerja. Dalam kaitannya dengan optimalisasi tujuan
efektivitas itu dinilai menurut ukuran seberapa jauh suatu organisasi berhasil
mencapai tujuan-tujuan yang layak dicapai yang satu sama yang lain saling
berkaitan.
Menurut Saxena (1986:07) dalam Indrawijaya (2014), efektivitas suatu
ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kualitas, kuantitas, waktu) telah
dicapai. Makin besar target yang dicapai, maka semakin tinggi tingkat efektivitas.
Menurut Siagian dalam Misnawati (2016), efektivitas adalah pemanfaatan
sumber daya, sasaran dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar
ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan
yang dijalankan. Efektivitas menunjukkan keberhasilan dari segi tercapai tidaknya
sasaran yang telah ditetapkan. Jika hasil kegiatan semakin mendekati sasaran
berarti makin tinggi efektivitas kerja pada organisasi baik swasta maupun
pemerintah maka sasasarannya tertuju pada proses pelaksanaan dan tingkat
keberhasilan yang dilakukan oleh para karyawan itu sendiri.
Menurut Costa dalam Dihan (2013) menyatakan bahwa efektivitas kerja
merupakan suatu ukuran tentang hasil pencapaian suatu tugas atau tujuan dalam
rentang waktu tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya

No comments:

Post a Comment