Saturday, July 13, 2024

Pengertian Flash Sale

 


Flash sale adalah bentuk promosi penjualan yang melibatkan penjualan
barang dengan jumlah terbatas dan harga yang jauh lebih murah dari harga
normalnya. Program ini berlangsung dalam waktu singkat, bertujuan untuk
meningkatkan minat pembelian konsumen. Strategi ini menciptakan kesan
bahwa pembelian yang tidak dilakukan dengan cepat akan membuat konsumen
kehilangan kesempatan untuk mendapatkan barang dengan harga murah,
karena barang tersebut dapat diambil oleh konsumen lain. Oleh karena itu,
banyak konsumen tertarik untuk mengikuti program Flash Sale karena
dorongan impulsive agar tidak ketinggalan dengan yang lain.
Flash sale merupakan taktik dalam dunia bisnis online yang digunakan
untuk menjual produk dengan harga eksklusif yang lebih murah dari harga
normalnya, dan ini dilakukan dalam jangka waktu yang sangat terbatas
(Darwipat et al., 2020).
Model bisnis flash sale menggambarkan strategi di mana perusahaan,
terutama yang berbasis online, menawarkan satu atau lebih produk atau
layanan dengan diskon besar dalam waktu terbatas, yang biasa kita kenal
sebagai 'penawaran hari ini' atau 'penawaran harian', karena periode penjualan
hanya berlangsung selama satu hari (Shi & Chen, 2015).
Flash sale dapat diidentifikasi sebagai pendekatan pemasaran e-
commerce yang terkenal di mana perusahaan berbasis internet menjual produk
atau layanan baru dalam jumlah terbatas dengan diskon harga selama periode
waktu tertentu sebelum memasuki periode penjualan normal (Zhang et al.,
2018).

No comments:

Post a Comment