Saturday, July 13, 2024

Pengertian Impulsive buying

 


Impulsive Buying ialah keputusan pembelian yang dilakukan tanpa
perencanaan yang matang atau pertimbangan yang mendalam oleh konsumen
saat berbelanja di marketplace Shopee.
Impulsive Buying mengacu pada pembelian yang tidak direncanakan,
didasari oleh dorongan yang kuat dan keinginan yang kuat untuk membeli
suatu produk dengan cepat (Andriany & Arda, 2019).
Pembelian secara tiba-tiba dilakukan dengan cepat dan tanpa
perencanaan sebelumnya untuk membeli kategori produk, atau barang tertentu
(Tjiptono, 2011 ) .
Impulsive buying diartikan sebagai pembelian tanpa pertimbangan
terlebih dahulu, dimana konsumen tidak menentukan kategori produk atau
merek yang akan dibelinya (Adiputra, 2015).
Pembelian tanpa direncanakan merupakan keputusan emosional atau
menurut desakan hati, konsumen akan cenderung melakukan pembelian tanpa
memikirkan apa kegunaan dari barang yang akan dibeli, yang terpenting
konsumen merasa terpuaskan karena telah membeli barang yang di inginkan,
sehingga emosi menjadi hal yang sangat penting sebagai dasar pembelian suatu
produk (Schiffman & Kanuk, 2008).
Kesimpulan dari beberapa definisi diatas, bahwa Impulsive Buying
adalah di mana konsumen membuat keputusan pembelian secara spontan,
didorong oleh faktor emosional, desakan hati, dan pengaruh dari faktor
eksternal. Ketika seseoran menjelajahi halaman produk di platform online dan
tiba-tiba menemukan produk yang terlihat menarik. Tanpa pertimbangan
panjang, konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut karena
tampilannya yang menarik.

No comments:

Post a Comment