Thursday, July 4, 2024

Pengertian Kinerja

 


Menurut Dessler (2000:41) kinerja merupakan prestasi
kerja, yaitu perbandingan antara hasil kerja dengan standar yang
ditetapkan. Kinerja menurut Sedarmayanti (2011:202), kinerja
adalah sarana untuk mendapatkan hasil lebih baik dari organisasi,
tim dan individu dengan cara memahami dan mengelola kinerja
dalam kerangka tujuan dan standart dan persyaratan atribut yang
disepakati. Kemudian menurut Sedarmayanti (2011:260) kinerja
didefinisikan sebagai hasil kerja seorang pekerja, sebuah proses
manajemen atau suatu organisasi secara keseluruhan, dimana hasil
kerja tersebut harus dapat ditunjukkan buktinya secara konkrit dan
dapat diukur (dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan).
Dimensi kinerja menurut Sedarmayanti adalah :
a. Hasil Kerja
b. Pekerja, proses atau organisasi
c. Terbukti secara konkrit
d. Dapat diukur
e. Dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan
Adapun menurut Dessler (2017:57) bahwa dimensi kinerja
adalah suatu ukuran-ukuran dan penilaian dari perilaku aktual
ditempat pekerjaannya yang meliputi :
a. Kualitas kerja (Quality of output)
b. Kuantitas kerja (Quantity of output)
c. Jumlah waktu kerja (Time of work)
d. Kerjasama (Corporation)
e. Supervisi (Supervision)

No comments:

Post a Comment