Sunday, July 7, 2024

Pengertian Lingkungan Kerja

 Lingkungan kerja dalam suatu perusahaan sangat penting untuk

diperhatikan manajemen. Karyawan akan mampu melaksanakan kegiatannya
dengan hasil yang optimal, apabila ditunjang oleh suatu kondisi lingkungan yang
sesuai. Lingkungan kerja mempunyai pengaruh langsung terhadap para karyawan
dalam melaksanakan proses produksi. Lingkungan kerja dapat membawa dampak
positif dan negatif bagi karyawan dalam rangka mencapai hasil kerjanya.
Kasmir (2016:192), lingkungan kerja merupakan suasana atau kondisi di
sekitar lokasi tempat bekerja. Lingkungan kerja dapat berupa ruangan, lay out,
sarana dan prasarana, serta hubungan kerja dengan sesama rekan kerja. Jika
lingkungan kerja dapat membuat suasana nyaman dan memberikan ketenangan
maka akan membuat suasana kerja menjadi kondusif, sehingga dapat
meningkatkan hasil kerja seseorang menjadi lebih baik, karena bekerja tanpa
gangguan. Namun sebaliknya jika suasana atau kondisi lingkungan kerja tidak
memberikan kenyamanan atau ketenangan, maka akan berakibat suasana kerja
menjadi terganggu yang pada akhirnya akan mempengaruhi dalam bekerja.
Sedarmayanti (2011:26), lingkungan fisik yaitu semua keadaan yang
terdapat disekitar tempat kerja, akan mempengaruhi pegawai baik secara langsung
maupun secara tidak langsung.
Sedangkan menurut Alif (2015:308) lingkungan kerja merupakan segala
sesuatu yang ada disekitar karyawan pada saat bekerja, baik yang berbentuk fisik
ataupun nonfisik, langsung atau tidak langsung, yang dapat mempengaruhi dirinya
dan pekerjaannya saat bekerja

No comments:

Post a Comment