Saturday, July 13, 2024

Pengertian ShoppingbLifestyle

 


Secara sederhana shopping lifestyle dapat diartikan sebagai gaya
hidup berbelanja dari perilaku konsumen itu sendiri. MenuruttKristianto
(2011: 45) “Gaya hidup seseorang adalah pola hiduppseseorang dalam
dunia kehidupan sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan , minat dan
pendapat yang bersangkutan”. Sedangkan “menurut Japarianto dan
Sugiharto” (2011) “Shopping lifestyle adalah cara seseorang untuk
mengalokasikan waktu dan uang untuk berbagai produk, layanan,
teknologi, fashion, hiburan dan pendidikan. Shopping lifestyle ini juga
ditentukan oleh beberapa faktor antara lain sikap terhadap merek,
pengaruh iklan dan kepribadian”.
Swastha (2018: 60) menyatakan bahwa “Banyak orang yang
merasa tidak puas dengan situasi yang ada atau jika mereka puas,
kepuasan itu bersifat sementara. Banyak juga orang yang ingin membeli
barang-barang yang lebih besar, lebih bagus, lebih antik atau lebih
mewah tanpa memperhatikan posisinya”. Perasaan tidak puas dengan
kondisi yang ada, meyakini ada barang yang lebih bagus dan mewah,
selalu menanggapi iklan produk terbaru dan lain-lain tanpa
memperhatikan kondisinya pada saat itu, ini merupakan bagian dari
shopping lifestyle. Dalam perilaku konsumen tentunya memiliki gaya
hidup berbelanja yang berbeda dengan caranya sendiri-sendiri, tidak
semuanya berkonotasi negatif.

No comments:

Post a Comment