Menurut Utami dalam Purnamasari (2021: 39) “indikator-indikator
hedoniccshopping motivation diantaranya :AAdventure shopping, social
shopping, gratification shopping, ideasshopping, role shoping dan value
shopping”. Dengan penjelasan sebagai berikut :
- Adventure shopping
Berbelanja adalah petualangan, terkadang orang merasa telah
berpetualang dan memiliki kesenangan tersendiri ketika sudah
berbelanja. - Social shopping.
Adalah motivasibbelanja yang berhubungan dengan kesenangan
saat berbelanja dalam menghabiskan waktu dengannteman-teman
dan keluarga untuk berbelanja atau hanya sekedarmmengunjungi
tempat perbelanjaan besama teman-teman dan keluarga. - Gratification shopping.
Merupakan suatu bentuk ekspresi perilaku konsumen dalam
berbelanja yang dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan
rasa stres, menghilangkan perasaan negatif dan kegiatan berbelanja
digunakan untuk memperbaiki kondisi mental. - Idea shopping.
Hal ini mengacu pada kondisi ketika konsumen pergi belanja
dikarenakan mereka ingin mengetahui tentang tren baru dan mode
baru pada saat itu. - Role shoping.
Adalah perasaan senang pembelanja yang berasal “dari dalam
maupun luar diri pembelanja tersebut ketika” menemukan produk-
produk yang dianggap sempurna bagi orangalain. - Value shopping.
Adalah perasaan puas pembelanja yang didapatkan karena
pembelanja mendapat penawaran harga yang menarik, potongan
harga, dan lain-lain
No comments:
Post a Comment