Saturday, July 13, 2024

Indikator Hedonic Shopping Motivation

 


Menurut Utami dalam Purnamasari (2021: 39) “indikator-indikator
hedoniccshopping motivation diantaranya :AAdventure shopping, social
shopping, gratification shopping, ideasshopping, role shoping dan value
shopping”. Dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Adventure shopping
    Berbelanja adalah petualangan, terkadang orang merasa telah
    berpetualang dan memiliki kesenangan tersendiri ketika sudah
    berbelanja.
  2. Social shopping.
    Adalah motivasibbelanja yang berhubungan dengan kesenangan
    saat berbelanja dalam menghabiskan waktu dengannteman-teman
    dan keluarga untuk berbelanja atau hanya sekedarmmengunjungi
    tempat perbelanjaan besama teman-teman dan keluarga.
  3. Gratification shopping.
    Merupakan suatu bentuk ekspresi perilaku konsumen dalam
    berbelanja yang dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan
    rasa stres, menghilangkan perasaan negatif dan kegiatan berbelanja
    digunakan untuk memperbaiki kondisi mental.
  4. Idea shopping.
    Hal ini mengacu pada kondisi ketika konsumen pergi belanja
    dikarenakan mereka ingin mengetahui tentang tren baru dan mode
    baru pada saat itu.
  5. Role shoping.
    Adalah perasaan senang pembelanja yang berasal “dari dalam
    maupun luar diri pembelanja tersebut ketika” menemukan produk-
    produk yang dianggap sempurna bagi orangalain.
  6. Value shopping.
    Adalah perasaan puas pembelanja yang didapatkan karena
    pembelanja mendapat penawaran harga yang menarik, potongan
    harga, dan lain-lain

No comments:

Post a Comment