Saturday, July 13, 2024

Pengertiana Hedonicc Shopping Motivation

 


Dalam menentukan keputusan pembelian pasti ada motivasi atau
faktor pada konsumen itu sendiri untuk menentukan pilihannya, menurut
Swastha (2018 : 67) menyatakan bahwa “ faktor-faktor yang
menyebabkan orang membeli dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: faktor
rasional dan faktor emosional” “dalam kenyataannya kedua motivasi
tersebut jarang berjalan bersama-sama saat mengambil keputusan
pembelian, biasanya”perilaku konsumen akan cenderung menggunakan
salah satu dari faktor tersebut. Motif rasional terjadi ketika konsumen
mengambil keputusan pembelian dengan banyak pertimbangkan
misalnya kondisi keuangan, kebutuhan, harga, kualitas dan lain-lain,
sedangkan motif emosional terjadi ketika konsumen mengambil
keputusan pembelian karena kesenangan hati, pada saat inilah yang
disebut dengan hedonic sopping motivasion.
Sedangkan menurut Hursepuny dan Oktafani (2018: 2) “hedonic
shopping motivationnadalah suatu usaha mengeksplorasi kesenangan
dan bagaimana konsumen berusaha mengejar sebuah kesenangan.
Kebanyakan konsumen yang memiliki gairahhemosional sering
mengalami pengalaman berbelanja secara hedonis.” Jadi “dapat
disimpulkan bahwa hedonic shopping motivasion adalah” kondisi ketika
seseorang mengambil keputusan pembelian dengan mengedepankan kesenangan hati atau emosional saja, biasanya kondisi ini sering terjadi
pada konsumen yang memiliki gairah emosional yang tinggi.

No comments:

Post a Comment