Monday, July 15, 2024

Perilaku Konsumen

 


Perilaku merupakan tindakan yang langsung terlihat dalam mendapatkan,
mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan
yang mendahului dan menyusuli tindakan ini. Istilah perilaku erat hubungannya
dengan objek yang studinya diarahkan pada permasalahan manusia dibidang
pemasaran, konsep perilaku secara terus menerus dikembangkan dengan berbagai
pendekatan. Beberapa pendapat ahli tentang definisi perilaku konsumen, yaitu :

  1. Menurut Pater dan Oslon (2013), Perilaku konsumen sebagai dinamika
    interaksi antara pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana
    manusia melakukan pertukaran aspek-aspek kehidupan.
  2. Menurut Hasan (2013), perilaku konsumen sebagai adalah studi proses yang
    terlibat ketika individu atau kelompok memilih, membeli, menggunakan atau
    mengatur produk, jasa, idea, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan
    dan keinginan konsumen.
  3. Menurut Sunyonto (2013), perilaku konsumen adalah pemahaman akan
    perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal, yang pertama
    adalah merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya
    menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk
    menarik pembeli.

No comments:

Post a Comment