Perilaku merupakan tindakan yang langsung terlihat dalam mendapatkan,
mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan
yang mendahului dan menyusuli tindakan ini. Istilah perilaku erat hubungannya
dengan objek yang studinya diarahkan pada permasalahan manusia dibidang
pemasaran, konsep perilaku secara terus menerus dikembangkan dengan berbagai
pendekatan. Beberapa pendapat ahli tentang definisi perilaku konsumen, yaitu :
- Menurut Pater dan Oslon (2013), Perilaku konsumen sebagai dinamika
interaksi antara pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana
manusia melakukan pertukaran aspek-aspek kehidupan. - Menurut Hasan (2013), perilaku konsumen sebagai adalah studi proses yang
terlibat ketika individu atau kelompok memilih, membeli, menggunakan atau
mengatur produk, jasa, idea, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan
dan keinginan konsumen. - Menurut Sunyonto (2013), perilaku konsumen adalah pemahaman akan
perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal, yang pertama
adalah merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya
menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk
menarik pembeli.
No comments:
Post a Comment