Saturday, July 13, 2024

Perilaku Rasional

 


Konsumen yang selalu bertindak rasional dalam melakukan pembelian ialah
mereka yang selalu melakukan pertimbangan terlebih dahulu sebelum melakukan
pembelian akan suatu barang. Menurut Yusnita (2015 : 32) perilaku rasional adalah
perilaku konsumen yang didasari atas dasar pertimbangan rasional (nalar) dalam
memutuskan mengkonsumsi produk. Rasional atau tidaknya seseorang dalam
melakukan konsumsi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya:

  1. Tingkat pendidikan, semakin tinggi tingkat pendidikan sesorang semakin
    rasional dalam menentukan pilihan.
  2. Usia, semakin dewasa usia seseorang semakin bijaksana dalam
    bertindak.
  3. Kematangan emosional, orang yang mampu mengendalikan diri
    (kematangan emosional) akan selalu berhati-hati dalam memutuskan
    sesuatu.
    Menurut Hidayat (2016 : 104) mengemukakan bahwa sebuah tindakan dapat
    disebut rasional bila memenuhi empat kriteria:
  4. Tindakan itu dilandasi oleh pertimbangan yang menyeluruh terhadap
    seluruh tindakan yang tersedia.
  5. Pemilihan alternatif tindakan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan
    terhadap konsekuensi atau hasil yang mungkin menyertai setiap alternatif
    tindakan.
  6. Ketika hasil atau konsekuensi tersebut masih berupa kemungkinan atau
    tidak dapat dipastikan benar atau tidaknya, maka nilai dari hasil atau
    konsekuensi tindakan diperkirakan dengan cara menggunakan aturan-
    aturan sebagaimana digariskan dalam teori probabilitas.
  7. Keseluruhan proses pengambilan keputusan rasional ini mencerminkan
    pertimbangan yang menyeluruh terhadap unsur ketidakpastian dan
    ketidakjelasan terkait hasil dari sebuah tindakan, dalam kaitan dengan
    tujuan-tujuan yang ingin dicapai melalui tindakan tersebut

No comments:

Post a Comment