Saturday, July 13, 2024

Price Discount

 


Potongan harga/diskon adalah sebuah strategi promosi di
dalam penjualan produk, strategi ini paling sering digunakan oleh
perusahaan sebagai media pendekatan dengan konsumen (Chen et al.,
2012). Menurut Simamora (2000) menjelaskan bahwa discount
merupakan sebuah potongan harga yang diberikan oleh produsen
kepada calon pembeli yang akan melakukan pembelian produk dengan
cara kredit.
Menurut Belch & Belch (2009) menyatakan bahwa promosi
berupa potongan harga dapat memberikan beberapa keuntungan yaitu
dapat membuat seorang konsumen melakukan pembelian produk
dengan kapasitas yang banyak, memprediksi promosi yang dilakukan
oleh pesaing, serta menerapkan penjualan dengan kapasitas yang
cukup besar. Menurut Sonni dalam Wahyudi (2017) pada saat akan
melakukan promosi dengan pemberian diskon yang harus diperhatikan
adalah reaksi yang akan di timbulkan, khusunya dari sisi seorang
kosumen. Discount dapat dijadikan sebagai kesempatan yang baik
bagi konsumen untuk melakukan kegiatan pembelian, biasanya
dengan adanya diskon konsumen akan membeli dalam jumlah yang
sangat besar. Namun disisi lain, discount juga dianggap negatif oleh
konsumen, karena jika suatu produk diberikan diskon, maka bisa
menimbulkan stigma bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang
buruk atau akan diganti dengan produk yang baru. Sebenarnya stigma
negatif seperti ini tidak terlalu memberi pengaruh buruk bagi nama
baik toko, karena stigma itu hanya akan menjadi anggapan semata,
dimana sebenarnya konsumen itu malah akan merasa senang jika
produk yang dia sukai sedang diberikan sebuah potongan harga, dan
disini konsumen tersebut akan langsung melakukan pembelian
produk, tanpa memikirkan anggapan negatif tersebut. Namun
memang, pemasar biasanya melakukan strategi ini pada moment-
moment tertentu saja, misalnya untuk menghabiskan barang stock
lama dan kemudian diganti dengan stock yang baru, sehingga barang
stock lama diberikan potongan harga yang besar untuk penghabisan
barang yang ada digudang.
Abdullah & Tantri (2015) menjelaskan bahwa ada beberapa
bentuk potongan harga/diskon di dalam sebuah pembelian yaitu
diantaranya adalah :

  1. Diskon/Potongan Kas
    Potongan Kas merupakan pengurangan harga yang
    diberikan kepada konsumen yang melakukan pembayaran
    lebih awal atau tepat waktu.
  2. Diskon/Potongan Jumlah
    Potongan Jumlah merupakan pengurangan harga
    yang diberikan kepada konsumen yang melakukan
    pembelian dalam jumlah yang besar.
  3. Diskon/Potongan Fungsional
    Potongan Fungsional atau juga sering dikenal
    sebagai diskon perdagangan merupakan sebuah potongan
    yang diberikan oleh produsen kepada penyalur
    (distributor), berupa potongan harga yang berbeda-beda
    kepada tiap penyalur.
  4. Diskon/Potongan Musiman
    Potongan Musiman merupakan sebuah diskon yang
    diberikan oleh produsen kepada konsumen dengan
    memberikan potongan harga terhadap konsumen yang
    melakukan pembelian produk, ketika produk tersebut tidak
    terlalu digemari oleh orang banyak. Dengan adanya
    potongan ini produsen akan tetap bisa mempertahankan
    produksinya selama kurang lebih satu tahun.
  5. Diskon/Potongan dalam Pembelian
    Diskon ini adalah sebuah bentuk lain dari
    pemberian potongan dibawah harga sebenarnya.

No comments:

Post a Comment