Sunday, July 14, 2024

Source Characteristics

 


Komunikasi yang efektif dipengaruhi oleh bagaimana karakteristik
komunikator tersebut, yaitu bagaimana pesan dapat diterima oleh penerima dan
dapat mempersuasi penerima. Tiga faktor dari komunikator sebagai karakteristik
sumber menurut Kelman (2012) adalah source credibility, source attractiveness,
dan source power.

  1. Source Credibility
    Source Credibility dapat tercipta apabila sumber tersebut memiliki
    pengetahuan, keahlian, dan pengalaman yang relevan terhadap suatu
    bidang yang berhubungan dengan pesan yang diinformasikan. Sehingga
    sumber dapat memberikan pendapat yang bersifat obyektif atau dapat
    dipercaya
  2. Source Attractiveness Daya tarik seorang komunikator dikaitkan
    dengan tingkah laku seseorang, bagaimana individu tersebut dapat
    meyakinkan atau mempersuasi pihak penerima.
  3. Source Power Sumber atau komunikator memiliki kekuatan atau
    kekuasaan dalam hal mempengaruhi penerima. Kekuatan yang dimiliki
    tersebut untuk menghukum atau sebaliknya, memberikan penghargaan
    kepada penerimanya

No comments:

Post a Comment