Thursday, July 11, 2024

Tipe-Tipe Impulse Buying

 


Pembelian implusif (Impulse buying) dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu planned
Impulse buying, reminded Impulse buying, suggestion Impulse buying, dan pure
Impulse buying (Beatty dalam Fandy Tjiptono, 2004)
a) Pure Impulse buying merupakan pembelian impulse, hal ini disebabkan oleh
adanya luapan emosi dari konsumen untuk melakukan pembelian terhadap
produk di luar kebiasaan belanjanya.
b) Reminder Impulse buying merupakan pembelian yang terjadi ketika konsumen
tiba-tiba teringat untuk melakukan pembelian suatu produk . Oleh karena itu,
konsumen telah pernah melakukan pembelian sebelumnya atau pernah melihat
produk tersebut dalam iklan.
c) Suggestion Impulse buying adalah pembelian yang terjadi ketika konsumen
melihat suatu produk, memahami kegunaanya atau cara penggunaanya, dan
memutuskan untuk melakukan pembelian. Suggestion Impulse buying
dilakukan oleh konsumen meskipun konsumen tidak terlalu membutuhkannya
dan penggunaanya masih akan terus digunakan pada masa yang akan datang.
d) Planned Impulse buying adalah pembelian yang terjadi ketika konsumen
membeli produk berdaasarkan harga khusus dan produk-produk tertentu.

No comments:

Post a Comment