Tuesday, July 2, 2024

Tujuan Penilaian Kinerja

 


Menurut Werther dan Davis yang dikutip oleh Suwanto dan Doni
(2011:197), tujuan penilaian kinerja adalah sebagai berikut :
a. Performance Improvement (peningkatan kinerja), yaitu berujuan untuk
memungkinkan karyawan dan manajer untuk mengambil tindakan yang
berhubungan dengan peningkatan kinerja.
b. Compensation Adjustment (kesesuaian kompensasi), yaitu bertujuan untuk
menentukan siapa saja yang berhak menerima kenaikan gaji atau sebaliknya.
c. Placement Decision (penempatan keputusan), yaitu bertujuan untuk
menentukan mengenai promosi, transfer dan demotion (penurunan pangkat).
d. Training and Development Needs (pelatihan dan pengembangan), yaitu
bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan bagi
karyawan agar kinerja mereka lebih optimal.
e. Career Planning and Development (perencanaan karir dan pengembangan),
yaitu memadu untuk menentukan jenis karir dan potensi karir yang akan
dicapai.
f. Staffing Process Defieciencies (ketenaga kerjaan), yaitu mempengaruhi
prosedur pengrekrutan karyawan.
g. Information Inaccuracies and Job-Design Errors (kesalahan informasi dan
pekerjaan), membantu menjelaskan kesalahan yang telah terjadi dalam
manajemen sumber daya manusia, terutama dalam bidang job design, job
analysis, dan sistem informasi manajemen Sumber Daya Manusia.
h. Equal Employment Oportunity (kesempatan dalam bekerja sama),
menunjukkan bahwa placement decision tidak diskriminatif.
i. External Challenges (tantangan eksternal), yaitu kinerja karyawan
dipengagruhi oleh faktor eksternal seperti keluarga, keuangan pribadi,
kesehatan, dan lain-lainnya.
j. Feedback (umpan balik), yaitu memberikan umpan balik bagi urusan
karyawan maupun karyawan itu sendiri

No comments:

Post a Comment