Motivasi hedonis didefinisikan sebagai sebuah perasaan kesenangan atau
kenikmatan yang disebabkan dengan penggunaan teknologi (Venkatesh et al.,
2012). Menurut penelitian Venkatesh et al., (2012), konstruk ini terbukti merupakan
faktor penting dalam penggunaan teknologi. Motivasi hedonis merupakan
perluasan dari konsep perceived enjoyment dimana perceived enjoyment adalah
menentukan sejauh mana kesenangan dapat diturunkan dari penggunaan teknologi
(Heijden, 2004). Sehubungan dengan hal tersebut maka, motivasi hedonis
menunjukkan memengaruhi dalam penerimaan teknologi. Pada konteks pelanggan,
banyak pendapat bahwa pentingnya intrinsik motivasi hedonis (kesenangan,
kegembiraan, atau hiburan) merupakan elemen penting dalam membentuk minat
penggunaan sistem atau teknologi baru (Heijden, 2004). Dilihat dari pentingnya
motivasi hedonis pada penggunaan teknologi, maka konstruk ini sudah menjadi
kunci faktor pada beberapa penelitian mengenai perilaku (Holbrook & Hirschman,
1982) dan pada penelitian Information System (IS) tentang konteks penggunaan
teknologi oleh konsumen (Brown et al., 2005). Jadi dapat disimpulkan bahwa
hedonic motivation adalah suatu tingkatakan dimana seseorang memperoleh
kesenangan dari teknologi yang digunakannya
No comments:
Post a Comment