Menurut Kotler dan Keller (2017) bahwa dalam brand image terdiri atas tiga
indikator yang meliputi sebagai berikut :
- Attributes (Atribut), merupakan pendefisian deskriptif tentang fitur-fitur yang
ada dalam sebuah produk. Terdapat dua macam atribut yaitu,
a) Product related attributes (atribut produk), didefinisikan sebagai bahan-
bahan yang diperlukan agar fungsi produk yang dicari konsumen dapat
bekerja. Berhubungan dengan komposisi fisik atau persyaratan dari suatu
jasa yang ditawarkan dapat berfungsi.
b) Non-product related attributes (atribut non-produk), merupakan aspek
eksternal dari suatu produk yang berhubungan dengan pembelian dan
konsumsi suatu produk. Terdiri dari informasi tentang herga, kemasan dan
desain produk, orang, per group atau selebriti yang menggunakan produk
tersebut, bagaimana dan dimana produk tersebut digunakan. - Benefits (Keuntungan), nilai personal yang dikaitkan oleh konsumen pada
atribut-atribut sebuah produk, ada tiga jenis benefits :
a) Functional benefits : berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dasar
seperti kebutuhan fisik atau pemecahan masalah yang dibutuhkan oleh
konsumen.
b) Experiental benefits: berhubungan dengan perasaan yang muncul dengan
menggunakan suatu produk. Benefit ini memuaskan kebutuhan
bereksperimen seperti kepuasan sensori atau bisa disebut juga produk
dapat diterima oleh konsumen bisa dari aspek gizi ataupun fungsional
produk.
c) Symbolic benefits : berhubungan dengan kebutuhan akan persetujuan
sosial atau ekspresi personal dan self-esteem (harga diri) seseorang.
Konsumen akan menghargai nilai-nilai prestise, eksklusivitas dari sebuah
merek karena hal-hal ini berhubungan dengan konsep diri mereka. - Brand Attitude (Sikap Merek), didefinisikan sebagai evaluasi keseluruhan atas
satu merek, apa yang dipercayai oleh konsumen mengenai merek-merek
tertentu sejauh apa konsumen percaya bahwa produk tersebut memiliki atribut
atau keuntungan tertentu, dan penilaian evaluatif terhadap kepercayaan tersebut
bagaimana baik atau buruknya suatu produk jika memiliki atribut atau
keuntungan tersebut.