Menurut Kotler dan Amstrong (2004),
segmentasi pasar adalah usaha untuk membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok
yang dapat dibedakan satu sama lain dalam hal kebutuhan, karakteristik, atau
perilaku yang mungkin akan memerlukan produk-produk dan strategi pemasaran
tertentu untuk menjangkaunya.
Pendapat Kasali (2007) bahwa segmentasi
pada dasarnya adalah suatu strategi untuk memahami struktur pasar. Kedua
pendapat di atas menjelaskan arti segmentasi dalam dunia pemasaran, sedangkan
pengertian segmentasi sendiri adalah usaha untuk membagi suatu populasi menjadi
kelompok-kelompok yang dapat dibedakan satu sama lain. Lebih lanjut, Kasali
(2007) mengungkapkan bahwa, segmentasi pasar telah berkembang luas. Segmentasi pasar
tidak hanya digunakan untuk kepentingan bisnis, tetapi juga untuk kegiatan-kegiatan
kemasyarakatan atau kegiatan-kegiatan nirlaba lainnya.
Perusahaan semakin menyadari bahwa pasar
terdiri dari banyak pembeli, dan para pembeli berbeda dalam satu atau lebih
hal. Para pembeli mungkin berbeda dalam hal keinginan, daya beli, lokasi,
perilaku belanja, dan praktik berbelanja.
Sementara, perusahaan sangat terbatas
dalam kemampuannya untuk melayani pasar secara menyeluruh. Melalui segmentasi,
perusahaan dapat membagi pasar yang besar dan heterogen menjadi segmen-segmen
yang lebih kecil yang dapat dijangkau secara efisien dan efektif dengan produk
dan layanan yang unik sesuai dengan kebutuhan pasar (Kotler dan Amstrong,
2004).
Dalam kegiatan bisnis, pengetahuan
tentang segmentasi pasar dapat digunakan sebagai informasi untuk memilih pasar,
mencari peluang usaha, menyusun strategi merebut bagian pasar dari segmen yang
dikuasai pemimpin pasar, melayani pelanggan dengan lebih baik, menganalisis
perilaku konsumen dan mendisain produk. Di luar kegiatan bisnis, segmentasi
pasar dapat digunakan untuk memasyarakatkan suatu undang-undang baru, melakukan
kampanyekampanye sosial, menyampaikan pesanpesan politik, menggairahkan kehidupan
beragama dan mendidik siswa (Kasali, 2007).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
segmentasi adalah usaha untuk membagi suatu populasi menjadi kelompok-kelompok
yang dapat dibedakan satu sama lain. Dalam dunia pemasaran segmentasi digunakan
untuk membagi pasar yang besar dan heterogen menjadi segmen-segmen yang lebih
kecil yang dapat dijangkau secara lebih efisien dan efektif melalui produk dan
layanan yang unik.
No comments:
Post a Comment