Definisi organisasi banyak ragamnya, tergantung pada sudut pandang
yang dipakai untuk melihat organisasi, tetapi definisi organisasi yang telah
dikemukakan oleh para ahli setidaknya ada unsur sistem kerjasama, orang yang
bekerja sama, dan tujuan bersama yang hendak dicapai.
Menurut Siagian (1997: 138-141) definisi tentang organisasi sebagai
berikut :
“Organisasi
adalah setiap bentuk perserikatan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama
untuk tujuan bersama dan terikat secara formal dalam persekutuan mana selalu
terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan
dan seorang atau sekelompok orang lain yang disebut bawahan.”
Gibson, et. al. (1996: 5) mempunyai
pendapat bahwa ciri khas organisasi tetap sama, yaitu perilaku terarah pada
tujuan. Gibson dan kawan-kawan berpendapat bahwa “Organisasi itu mengejar
tujuan dan sasaran yang dapat dicapai secara lebih efisien dan lebih efektif
dengan tindakan yang dilakukan secara bersama-sama.
Sedangkan Dessler (1985:116) mengemukakan pendapat
tentang organisasi sebagai berikut
“Organisasi dapat diartikan
sebagai pengaturan sumber daya dalam suatu kegiatan kerja, dimana tiap-tiap
kegiatan tersebut telah tersusun secara sistematis untuk mencapai tujuan yang
telah ditentukan. Pada organisasi tersebut masing-masing personal yang terlibat
di dalamnya diberi tugas, wewenang, dan tanggung jawab, yang dikoordinasi untuk
mencapai tujuan organisasi. Dimana tujuan organisasi tersebut dirumuskan secara
musyawarah, sebagai tujuan bersama yang diwujudkan secara bersama-sama”.
No comments:
Post a Comment