Kualitas memiliki banyak definisi
yang berbeda dan bervariasi dari yang konvensional sampai yang strategis.
Kualitas adalah segala sesuatu yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan
(Gazpersz,1997), sebagai faktor yang terdapat dalam suatu barang atau hasil
yang menyebabkan barang tersebut sesuai dengan tujuan keberadaan barang itu
(Assauri,1993). Menurut Tampubolon (2001), pengertian kualitas adalah paduan
sifat-sifat produk yang menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan
pelanggan langsung atau tak langsung, baik kebutuhan yang dinyatakan maupun
yang tersirat, masa kini dan masa depan.
Beberapa dimensi atau atribut yang
diperhatikan dalam perbaikan kualitas jasa antara lain:
1.
Ketepatan waktu pelayanan
2.
Akurasi pelayanan
3.
Kesopanan dan kehormatan dalam
memberikan pelayanan
4.
Tanggung jawab
5.
Kelengkapan
6.
Kemudahan pelayanan
7.
Variasi model pelayanan
No comments:
Post a Comment