a.
Panjang antrian
Banyak sistem antrian dapat menampung jumlah individu-individu yang
relatif besar, tetapi ada beberapa sistem yang mempunyai kapasitas yang
terbatas. Bila kapasitas antrian menjadi faktor pembatas besarnya jumlah individu
yang dapat dilayani dalam sistem secara
nyata, berarti sistem mempunyai kepanjangan antrian yang terbatas dan model
antrian terbatas harus digunakan untuk menganalisa sistem tersebut.
Sebagai contoh sistem yang mungkin
mempunyai antrian yang terbatas adalah jumlah tempat parkir atau stasiun
pelayanan, jumlah tempat minum di pelabuhan udara, atau jumlah tempat tidur di
rumah sakit. Secara umum model antrian terbatas lebih kompleks daripada sistem
antrian tak terbatas (Hani Handoko dkk, 1997).
b.
Disiplin Antrian
Disiplin antrian menunjukkan pedoman keputusan yang digunakan untuk menyeleksi individu-individu yang
memasuki antrian untuk dilayani terlebih dahulu (prioritas). Beberapa macam
disiplin antrian (Hani Handoko dkk, 1997) diantaranya adalah :
1. First Come, First
Served (FCFS)
Disiplin antrian yang paling umum adalah pedoman First Come,
First Served (FCFS), yang pertama kali datang pertama kali dilayani. Contohnya sistem antrian dalam
membeli tiket kereta api.
2. Last Come-Fisrts Served
(LCFS)
Yang datang terakhir yang lebih dahulu keluar. Contohnya sistem
antrian dalam lift untuk lantai yang sama.
3. Service In Random Order
(SIRO).
Panggilan didasarkan pada peluang secara random, tidak mempersoalkan
siapa yang lebih dahulu datang.
No comments:
Post a Comment