Pada umumnya sistem antrian dapat
diklasifikasikan menjadi sistem yang berbeda-beda di mana teori antrian dan
simulasi sering diterapkan secara luas. Klasifikasi menurut Hiller dan
Lieberman (Hani Handoko dkk, 1997) adalah sebagai berikut :
a. Sistem pelayanan komersial
Sistem pelayanan komersial merupakan aplikasi yang
sangat luas dari model-model antrian seperti restoran, cafetaria, toko-toko,
tempat potong rambut (salon), boutiques, supermarket dan sebagainya.
b. Sistem
pelayanan bisnis-industri
Sistem pelayanan bisnis industri mencakup lini produksi,
sistem material handling, sistem pergudangan, dan sistem-sistem
informasi komputer.
c. Sistem
pelayanan transportasi
Sistem pelayanan transportasi mencakup sistem layanan
pelayanan transportasi udara, air dan darat.
d.
Sistem pelayanan sosial
Sistem-sistem pelayanan sosial
merupakan sistem-sistem pelayanan yang dikelola oleh kantor-kantor dan
jawatan-jawatan lokal maupun nasional, seperti kantor tenaga kerja, kantor
registrasi SIM dan STNK, dan sebagainya, serta kantor pos, rumah sakit,
puskesmas dan lain-lainnya.
No comments:
Post a Comment