Bentuk penerapan dari B2C yang umum ditemui adalah e commerce. Menurut Laudon dan Laudon (2013) bahwa pengertian e commerce adalah suatu proses membeli
dan menjual produk - produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan
ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. Media yang
dapat digunakan dalam aktivitas e-commerce adalah world wide web internet. Pengertian lain dari e-commerce adalah
menggunakan internet dan komputer dengan browser web untuk mengenalkan,
menawarkan, membeli dan menjual produk. Manfaat dengan penerapan e-commerce sebuah
perusahaan dapat memiliki sebuah pasar internasional. Bisnis dapat dijalankan
tanpa harus terbentur pada batas negara dengan adanya teknologi digital (McLeod,
2008).
Dengan mengambil bentuk-bentuk tradisional dari proses bisnis dan
memanfaatkan jejaring sosial melalui internet, strategi bisnis dapat berhasil
jika dilakukan dengan benar, yang akhirnya menghasilkan peningkatan pelanggan,
kesadaran merk dan pendapatan. Keputusan pembelian pelanggan dipengaruhi oleh
persepsi, motivasi, pembelajaran, sikap dan keyakinan. Persepsi dipantulkan
pada bagaimana pelanggan memilih, mengatur, dan menginterpretasikan informasi
untuk membentuk pengetahuan. Motivasi tercermin dari keinginan pelanggan untuk
memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
Keuntungan dari e-commerce adalah
biaya operasional dapat ditekan sedikit mungkin, mempercepat waktu pemrosesan
dan mengurangi resiko human error.
Karakteristik dari e commerce
adalah
a.
Produk: Banyak
jenis produk yang bisa dipasarkan dan dijual melalui internet seperti pakain,
mobil, sepeda dll.
b.
Tempat menjual
produk: tempat menjual adalah internet yang berarti harus memiliki domain dan
hosting.
c.
Cara menerima
pesanan: Email, telpon, sms dan lain-lain.
d.
Cara pembayaran:
Credit card, Paypal, Tunai
e.
Metode pengiriman:
Menggunakan Pos Indonesia, EMS, atau JNE
f.
Customer service:
email, Contact us, Telepon, Chat jika tersedia dalam software (Hidayat, 2008)
Proses jual-beli di sistem e-commerce yang membedakan dengan proses
jual-beli tradisional adalah semua proses mulai dari mencari informasi mengenai
barang atau jasa yang diperlukan, melakukan pemesanan, hingga pembayaran di lakukan
secara elektronik melalui media internet. Menurut Meier dan Stormer (2009),
mekanisme perdagangan di sistem e-commerce dijelaskan melalui rantai nilai
dalam e-commerce sebagai berikut:
1. E-Products
dan E-Services
2.
E-Procurement
3. E-Marketing
4.
E-Contracting
5.
E-Distribution
E-Payment
7. E-Customer Relationship Management.
Menurut Prihatna (2015 ) dalam transaksi yang menggunakan e-commerce
terdapat 3 metode pembayaran yang dapat digunakan:
1.
Online Procesing
Credit Cart
Metode ini digunakan untuk produk yang bersifat retail dimana mencakup
pasar yang sangat luas yaitu seluruh dunia. Pembayaran dilakukan secara langsung
atau saat itu juga
2.
Money Transfer
Pembayaran dalam metode ini lebih aman namun membutuhkan biaya fee bagi
pihak penyedia jasa money transfer untuk mengirim sejumlah uang ke negara lain.
3.
Cash on Delivery
Pembayaran dengan bayar di tempat ini hanya bisa dilakukan jika konsumen
langsung data ke toko tempat produsen menjual produknya atau berada dalam satu
wilayah yang sama dengan penyedia jasa
No comments:
Post a Comment