Untuk itu diperlukan suatu
pendekatan yang sitemik (elemen-elemn yang saling berhubungan membentuk suatu
kesatuan atau organisasi).
Pada umunya setiap sistem terdiri
dari empat elemen subsuten yaitu input, proses, output, dan umpan balik yang
berguna sebagai kontrol ketiga elemen yang lain.
Namun suatu organisasi merupakan
hubungan dari berbagai sub sistem, sehingga memebagi pekerjaannya ke dalam
bentuk fungsi-fungsi organisasi.Misalnya fungsi-fungsi pemasaran, produksi,
keuangan, personalia, pembekalan, riset, pengolahan data elektronik, dan
perencanaan. Setiap fungsi unit tersebut memerlukan data dan informasi dari
unit lain atau dari luar organisasi untuk membantu menyelesaikanpekerjaannya. Disamping
pekerjannya sendiri, setiap unit juga menghasilkan data dan informasi baik
untuk disimpansendiri maupun untuk didistribusikan ke unit-unit lain dalam
organisasi atau organisasi lain.
Dalam kaitan penggunaan sebuah
informasi kelayakan, yang diharapkan kemudian adalah tindak lanjut manajerial
untuk menyesuaikan output dengan umpan balik yang diterima. Fungsi manajerial
sendiri terdiri dari beberapa macam dan dapat diuraikan sebagai berikut:
a.
Perencanaan (planning) adalah fungsi manajemen yang
berkaitan dengan penyusunan tujuan dan menjabarkannya dalam bentuk perencanaan
untuk mencapai tujuan tersebut.
b.
Pengorganisasian (organizing) adalah fungsi manajemen yang
berkaitan dengan pengelompokkan personel dan tugasnya sesuai dengan kebutuhan.
c.
Pengaturaan personel (staffing) adalah fungsi manajemen yang berkaitan dengan kegiatan bimbingan dan
pengaturan kerja personel dan pengaturan penempatan unit kerja bagi personel
tersebut, pada fungsi ini manjemen melakukan jegiatan seperti penempatan,
pelatihan, pengembangan dan kompensasi.
d.
Pengarahan (directing) adalah fungsi manajemen yang
berkaitandnegan kegiatan melakukan pengarahan-pengarahan, tugas-tugas, dan
instruksi.
e.
Pengawasan (controlling) adadalah kegiatan manajemen
yang berkaitan dengan pemeriksaan untuk menetukan apakah pelaksanaannya sudah
dikerjakan sesuai dengan perencanaan, sudahsampai sejauh mana kemajuan yang
dicapai, serta koreksi bagi pelaksanaan yang belum terselesaikan sesuai
rencana.
Pada umunya perkiraan jumlah
persentase pekerjaan informasi yang ada pada tiap kegiatan fungsi-fungsi
manajemen adalah sebagai berikut:
·
Perencanaan (30%)
·
Pengorganisasian (15%)
·
Penyusunan staf (25%)
·
Pengarahan (5%)
·
Pengawasan (80%)
No comments:
Post a Comment