Dalam memulai Business to
Consumer (B2C) pada suatu usaha maka
ada beberapa tantangan yang dihadapi seperti; membangun privasi dan kepercayaan
pada konsumen, menciptakan ketergantungan dan loyalitas konsumen pada bisnis,
kelengkapan dan keragaman ketersediaan produk yang di jual. Dengan demikian,
mengelola sebuah business to consumer adalah terdapat beberapa prinsip yang
harusd dipenuhi. Salah satu prinsip yang harus dipenuhi menurut Hoffman and
Fodor (2010), dimana penerapan inovasi melalui e-commerce dapat berjalan dengan
baik apabila dijalankan berdasarkan prinsip 4C, yaitu: connection (koneksi), creation
(penciptaan), consumption
(konsumsi) dan control (pengendalian).
Prinsip-prinsip ini dapat memotivasi konsumen yang mengarah pada return of investment (ROI) perusahaan,
yang diukur dengan partisipasi aktif seperti feedback atau review konsumen, dan
share atau merekomendasikan kepada pengguna lain.
Dengan demikian harus dibangun sebuah situs yang dapat memenuhi beberapa
kategori yang dapat mendukung munculnya kepercayaan konsumen. Penerjemahan dari
prinsip-prinsip di atas adalah dengan adanya situs yang memenuhi kategori
faktor usability. Dimana usability
ditinjau dari dua hal yaitu Usability website dan usability engginering.
Usability website bisa berdampak pada rendahnya efektifitas dan efisiensi saat
pengguna berinteraksi dengan sistem e-commerce tersebut. Selain itu, masalah
ini akan menurunkan tingkat kepuasan pengguna dalam berinteraksi dengan sistem.
Secara umum hal ini dapat mengurangi usaha untuk meningkatkan kepercayaan
pengguna (customer trust building) terhadap sistem e-Commerce. Sedangkan Usability
engineering merupakan suatu proses dalam suatu daur hidup sistem, untuk
mengkaji (evaluasi), serta meningkatkan usability suatu sistem. Usability
engineering dilakukan untuk menjamin suatu sistem memiliki tingkat usability
yang baik sesuai harapan. Faktor-faktor
yang harus diperhatikan untuk meningkatkan usability diantaranya meliputi:
a.
Accessability
dan personalisasi
Aspek
kemudahan diakses menjadi hal yang mendasar sehingga efektif dan efisien.
Fungsi personalisasi memberikan privacy
dan kenyamanan bagi pengguna, sehingga user akan semakin percaya.
b.
Content dan
fitur
Content dalam desain penyajian interface
maupun validitas, kelengkapan, dan updating informasinya menjadi sesuatu hal
utama yang dicari dan mampu memuaskan customer. Berbagai fitur yang ada semakin
memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi penggunanya.
c.
Navigation
dan search
Fungsi Navigasi dan pencarian memberikan
keleluasaan dan kemudahan bagi pengguna dalam menjelajah content dan mencari
informasi yang dibutuhkan.
d.
Identity, privacy,
dan security
Identitas
menjadi suatu hal yang penting bagi pengguna dalam peningkatan kepercayaan
pengguna. Privacy dan security, merupakan aspek yang penting
bagi pengguna dimana kredibilitas dan keamanan proses bisnis e-commerce dipertaruhkan
Dalam hal lain
untuk mendukung pelayanan Business
to Consumer (B2C) maka harus mendapatkan informasi yang meliputi:
a.
Memuat jenis produk
yang dijual beserta informasi lengkapnya.
b.
Melakukan transaksi
penjualan, pembayaran dan pengiriman barang
c.
Membuat berita-berita
terbaru tentang produk yang dijual.
d.
Memberikan
pelayanan secara lengkap kepada konsumen.
e.
Memberikan jawaban
atas pertanyaan konsumen seputar produk yang dijual
Sedangkan berdasarkan bagaimana e
commerce digunakan untuk mendapatkan atau hanya menyampaikan informasi
kepada konsumen maka terdapat dua cara untuk melakukan pemasaran melalui e-commerce, yaitu pasif dan aktif.
Menggunakan pemasaran online pasif berarti sebuah perusahaan membangun sebuah
website yang menyediakan informasi kepada pelanggan tanpa melakukan kegiatan
yang signifikan untuk menjangkau pelanggan. Sedangkan pemasaran online aktif
melakukan sebaliknya, yaitu perusahaan berusaha untuk mencapai pembeli
potensial di internet (Schradi, 2009). Dengan mengambil keuntungan dari
teknologi internet, perusahaan memiliki kemudahan dalam mempromosikan dan
menyampaikan informasi tentang merk mereka (Kaplan & Haenlein, 2012).
No comments:
Post a Comment