Wednesday, March 22, 2023

Pengertian Lingkungan Kerja

 


Dalam parktiknya, pengelolaan sebuah perusahaan haruslah
menggunakan pola manajemen dengan baik. Manajemen yang baik
tersebut dalam pelaksanaan kerja salah satunya bisa melalui pengelolaan
lingkungan kerja, tentunya seorang karyawan memerlukan lingkungan
kerja yang memadai. Lingkungan kerja yang kondusif akan mampu me
mberikan pengaruh karyawan secara signifikan dalam bekerja.
Sebagaimana sesuai dengan pendapat Artoyo dalam (Sariyathi, 2007 :
66) manajemen yang baik adalah manajemen yang memikirkan kerja
yang baik dan menyenangkan karena sangat dibutuhkan oleh tenaga
kerjanya. Pembentukan perilaku karyawan diduga dipengaruhi kuat oleh
lingkungan kerja. 
Menurut Nitisemito dalam (Sariyathi, 2007 : 66) menyatakan
bahwa lingkungan kerja merupakan semua hal atau segala sesuatu yang
berada dalam lingkungan pekerja yang dapat mempengaruhi diri dalam
menjalankan pekerjaan. Lingkungan kerja yang baik dan kondusif sangat
dibutuhka karyawan demi tercapainya kepuasan kerja karyawan,
sehingga target – target perusahaan yang dibebankan bisa segera
terwujud.
Melalui pendapat – pendapat yang dikemukakan oleh para ahli
diatas tentang lingkungan kerja, maka bisa dijelaskan bahwa lingkungan
kerja merupakan hal – hal yang sangat mempengaruhi karyawan dalam
bekerja. Pengaruh tersebut bisa melaui situasi, kondisi, hubungan kerja
antar karyawan maupun peralatan yang digunakan dalam bekerja

No comments:

Post a Comment