Thursday, March 23, 2023

Pengertian lingkungan kerja

 


Lingkungan kerja merupakan keadaan sosial, psikis & materi,
yang berada di sekitar tempat dimana karyawan dipekerjakan. Lingkungan
kerja juga dapat diartikan sebagai kondisi sarana dan prasarana serta
hubungan interaksi sosial antar karyawan dalam suatu organisasi.
Lingkungan kerja akan menentukan kenyamanan seseorang dalam bekerja.
Semakin baiknya lingkungan kerja akan mengakibatkan pencapaian kinerja
secara global dengan hasil maksimal (Arianto 2013).
Dalam penelitian ini, lingkungan kerja dapat digambarkan
dengan kondisi ruang kerja yang dapat memungkinkan berpengaruh
terhadap kinerja guru dan tenaga kependidikan di SDIT Ar-Rayyan.
Terbatasnya penggadaan ruang dapat mengakibatkan guru dan tenaga
kependidikan kurang nyaman dalam melakukan pekerjaannya. Dapat
dikatakan lingkungan kerja mampu mempengaruhi kinerja seseorang
(Kasmir dalam Wibowo 2016).
Handoko dalam Wibowo (2016) menyatakan bahwa,
penciptaan lingkungan yang sehat secara tidak langsung akan
mempertahankan atau bahkan meningkatkan produktivitas. Lingkungan
kerja dapat menimbulkan dampak negatif, salah satunya adalah interaksi
antar karyawan yang dapat memicu terjadinya konflik dan masalah dalam
pekerjaan, namun dampak positifnya yaitu tercapainya kinerja yang dinamis 
karena adanya penyesuaian terhadap tantangan dalam lingkungan internal
organisasi dan eksternal karena pengaruh globalisasi. Dalam lingkungan
kerja, setiap karyawan dituntut untuk dapat melaksanakan pekerjaan sesuai
dengan jabatan yang dipegang dan dapat beradaptasi dengan lingkungan
serta rekan kerja yang memiliki karakter berbeda-beda (Sipatu 2013).

No comments:

Post a Comment