Saturday, May 27, 2023

Bauran Promosi


Bauran promosi (promotion mix) juga disebut bauran komunikasi pemasaran
(marketing communication mix) perusahaan merupakan paduan spesifik iklan
promosi penjualan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuatif dan
membangun hubungan pelanggan. Menurut Kotler dan Amstrong (2010:174) dialih
bahasakan oleh Bob Sabran, bauran promosi terdiri atas delapan unsur atau metode
bauran promosi diuraikan sebagai berikut:
1. Periklanan (Advertising)
Semua bentuk terbayar presentasi non pribadi dan promosiide, barang,
atau jasa dengan sponsor tertentu.
2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian ataupenjualan produk
atau jasa.
3. Hubungan Masyarakat (Public Relations)
Membangun hubungan baik dengan berbagai kalanganuntuk mendapatkan
publisitas yang diinginkan, membangun citra perusahaan yang baik, dan
menanganin atau mengahadapi rumor, berita, dan kejadian tidak
menyenangkan.
4. Penjualan Personal (Personal Selling)
Presentasi pribadi oleh wiraniaga perusahaan untuk tujuan mengahasilkan
penjualan dan membangun hubungan pelanggan.
5. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Hubungan langsung dengan konsumen individual yang ditargerkan secara
cermat untuk memperoleh respon segera dan membangun hubungan
pelanggan yang langgeng-penggunaan surat langsung, telepon, televisi
respon langsung, e-mail, internet, dan sarana lain untuk berkomunikasi
secara langsung dengan konsumen tertentu.
6. Acara dan Pengalaman ( Event & Experiece)
Kegiatan dan program yang disponsori perusahaan untuk dirancang untuk
menciptakan interaksi harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek
tertentu.
7. Pemasaran Intreraktif ( Interactive Marketing)
Kegiatan dan Program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan
atau prospek dan secara langsung atau tidak langsung meningkatkan
kesadaran, memperbaiki citra, atau menciptakan penjualan produk dan jasa.
8. Pemasaran dari Mulut ke Mulut (Mouth of Mouth) 
Komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antara masyarakat yang
berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau

menggunakan produk atau jasa 

No comments:

Post a Comment