Saturday, May 27, 2023

Pemilihan saluran distribusi

 


Pemilihan saluran distribusi secara tepat memang harus dilakukan sejak
rencana untuk mendapatkan hasil yang akurat, biasanya para pemasar akan
melakukan survey ataupun riset terlebih dahulu. Beberapa bulan pertimbangan
yang bias dijadikan acuan untuk pemilihan saluran distribusi ini misalnya sifat
pembeli, sifat produk, sifat perantara, sifat pesaing dan lain sebagainya
Sifat pembeli merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
keputusan produsen dalam memilih saluran distribusi yang dipakai.Sifat-sifat
tersebut bisa berupa perilaku para konsumen dalam mendapatkan produk,
bagaimana kebiasaan belanjanya, frekuensipembelian, letak geografisnya, dan
lain-lain. Dari sifat pembeli yang berbeda tentu perusahaan akan mementukan
saluran distribusi yang berbeda.
Cara distribusi yang dilakukan kompetitor juga bisa dijadikan
pertimbangan oleh perusahaan dalam melakukan distribusi produknya.Hal ini
terkait dengan kompetisi produk agar lebih cepat dan tepat sasaran dibanding
dengan pesaing yang ada. Jika produk yang akan dipasarkan adalah produk
baru, maka harus dapat memunculkan strategi-strategi khusus agar dapat
menrik perhatian cari calon konsumen

No comments:

Post a Comment