Saturday, May 27, 2023

Pengertian Pemasaran

 


Pandangan yang sempit dalam pengertian pemasaran menyebabkan banyak
pengusaha atau dunia usaha masih berorientasi pada produksi atau berfikir dari segi
produksi. Mereka menekankan produk apa yang dapat dihasilkan, bukan produksi
apa yang dapat dipasarkan. Produk yang diusahakan oleh perusahaan, dirancang
oleh tenaga teknisi, diolah atau dihasilkan. William J. Stanton mendefinisikan
pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan bisnis yang
ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan
mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli
yang ada maupun pembeli yang potensial.
Pada dasarnya pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial
dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan yang lain
(Kotler dan Keller,2012:6). Secara umum berdasarkan definisi diatas dapat
disimpulkan bahwa pemasaran adalah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan
perminatan dengan cara menciptakan dan menawarkan produk yang diproduksi
agar dapat diterima oleh konsumen. Dengan demikian kegiatan pemasaran
memiliki cakupan luas. Kotlerr & Keller (2012:8) dan Sucherly (2015:27)
mengemukakan sejumlah faktor yang menunjukan luasnya cakupan kegiatan
pemasaran, sebagai berikut:
1) Melibatkan berbagai pihak
2) Melibatkan fungsi manajerial
3) Yang dipasarkan tidak hanya barang tetapi produk dalam arti luas
termasuk gagasan, jasa, informasi dan pengalaman
4) Sasaran yang ingin dicapai adalah kepuasan pihak – pihak yang terlibat
dalam pertukaran.

No comments:

Post a Comment