Saturday, May 27, 2023

Pengertian Strategi Pemasaran

 


Strategi pemasaran menurut Kurtz (2008) adalah keseluruhan program
perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan
membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi dan
harga. Sedangkan menurut Philip Kotler pengertian strategi pemasaran adalah suatu
mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran,
dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan
posisi, bauran pemasaran dan budget untuk pemasaran. Strategi pemasaran menurut
Kotler (Kotler and Amstrong,2012, p.72) adalah logika pemasaran dimana
perusahaan berharap dapat menciptakan nilai bagi customer dan dapat mencapai
hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan. Maka secara umum strategi
pemasaran adalah usaha memasarkan produk agar permintaan produk dipasaran
mencapai sasaran.
Umumnya terdapat 5 konsep dari strategi pemasaran secara luas yang sering
digunakan oleh perusahaan – perusahaan adalah sebagai berikut:
1. Market Segmenting (Segmentasi Pasar)
Pada proses ini yaitu mengelompokkan target nasabah menjadi
kelompok – kelompok segmentasi berbeda dengan faktor pengelompokkan
tertentu.
2. Market Positioning (Penentuan Posisi Pasar)
Pada proses ini perusahaan melakukan upaya untuk mendesain dan
mengemas produk agar dapat menempati sebuah posisi yang unik dan
menarik agar lebih mudah mendapatkan konsumen.
3. Market Entry Strategy (Strategi Masuk Pasar)
Strategi yang dapat digunakan perusahaan untuk masuk pada
segmen pasar baru misalnya bekerja sama dengan perusahaan lain.
4. Marketing Mix Strategy (Strategi Bauran Pemasaran)
Strategi bauran pemasaran merupakan penggabungan dan pengendalian
variable – variable yang berpengaruh pada kesuksesan pemasaran.
Variable yang terdapat dalam marketing mix:
a. Product (Produk)
Produk merupakan segala bentuk hasil usaha yang ditawarkan kepada pasar
untuk digunakan atau dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen. Jika ingin strategi berjalan dengan baik maka produk
yang dihasilkan harus dengan kualitas dan keunikan tersendiri. Dengan
begitu, produk tersebut dapat bersaing dipasaran.
b. Price (Harga)
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Penetapan harga dapat
memengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama
penentu positioning produk dan harus diputuskan sesuai dengan pasar
sasaran, bauran ragam produk, pelayanan dan persaingan. Harga yang
ditawarkan juga harus membuat konsumen merasa pengeluarannya sesuai
dengan apa yang yang akan ia dapat.
c. Place (Tempat)
Jangkauan tempat menjadi suatu yang harus dipertimbangkan secara
matang, tempat – tempat yang strategis tentu memiliki peluang akses publik
yang lebih baik sehingga memudahkan konsumen dalam bertransaksi
sehingga penjualan lebih mudah terjadi.
d. Promotion (Promosi)
Promosi adalah suatu tindakan untuk memperkenalkan, memberitahukan
suatu produk, barang atau jasa yang bertujuan untuk meningkatkan
perminatan atau penjualan.
Menurut Rambat Lumpiyoadi (2016: 25):
“Promosi merupakan salah satu variable dalam bauran pemasaran yang
sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk
jasa. Bukan hanya sebagai alat komunikasi, akan tetapi kegiatan promosi
juga berfungsi untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian
atau penggunaan jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya

No comments:

Post a Comment