Monday, October 16, 2023

Brand Loyalty

 


Menurut (Schiffman dan Kanuk 2009 dalam Mintarti et al., 2017) , brand loyalty
merupakan preferensi konsumen yang secara konsisten melakukan pembelian
produk yang memiliki spesifikasi atau kategori pelayanan tertentu pada merek
yang sama, sehingga dapat dikatakan konsumen akan melakukan pembelian
kembali pada produk yang sama dikarenakan konsumen merasakan kepuasan
pada produk atau jasa yang sesuai dengan apa yang konsumen harapkan. (Agatha
et al., 2017) Loyalitas jika ditinjau dari brand loyalty didefinisikan sebagai
perilaku, maka dapat diartikan bahwa brand loyalty diartikan sebagai pembelian
berulang suatu brand secara konsisten oleh pelanggan. Konsumen akan
melakukan pembelian ulang pada produk yang sama ketika mendapatkan
informasi yang penting tentang produk atau jasa tersebut seperti menurut
(Solomon et al., 2013 dalam Ananda, 2018) Informasi produk dianggap sebagai
bagian penting dalam pengambilan keputusan konsumen untuk membeli produk
atau jasa. Menurut (Griffin, 2005 dalam Mintarti et al., 2017) loyalitas konsumen
merupakan ukuran yang dapat diandalkan untuk memprediksi pertumbuhan
penjualan dan juga loyalitas konsumen dapat diartikan berdasarkan pembelian
yang konsisten pada setiap produk atau jasa.. Menurut (Mowen dan Minor
2002:312 dalam Indra Wijayanto dan Sri Setyo Iriani, 2013) kepercayaan
konsumen (consumer beliefs) adalah semua pengetahuan yang dimiliki oleh
konsumen dan semua kesimpulan yang dibuat konsumen tentang obyek, atribut
dan manfaatnya

No comments:

Post a Comment