Monday, October 16, 2023

Gamifikasi

 


Deterding dkk. (2011) menyatakan bahwa gamifikasi secara umum dapat
diartikan sebagai penggunaan elemen desain game dalam konteks bukan game
[7]. Gamifikasi mengacu pada penerapan mekanika dan dinamika permainan yang
digunakan untuk meningkatkan motivasi, antusiasme dan keterlibatan pengguna
[8]. Konsep gamifikasi menerapkan dari pelajaran tentang penggunaan domain
game untuk mengubah perilaku pengguna dalam situasi non-game [9]. Pengguna
yang dimaksud merupakan sekumpulan konsumen suatu produk, pegawai suatu
organisasi, peserta didik dalam lingkungan pembelajaran dan pengguna
gamifikasi lainnya, tergantung kepada domain penggunaan gamifikasi.
Terdapat beberapa konsep yang serupa dengan gamifikasi, seperti konsep
“serious game”, yang menitikberatkan penggabungan unsur-unsur non-hiburan ke
dalam lingkungan game [10]. Suatu tugas tertentu diintegrasikan ke dalam game
sehingga tugas tersebut dapat diselesaikan [11]. Selanjutnya, “play” adalah
kegiatan bebas tanpa kendala sedangkan “game” terbatas dalam bentuk tindakan
yang mempunyai aturan dan konteks [12]. Pada Gambar 2.3 menunjukkan
perbedaan antara gamifikasi, serious game, dan interaksi permainan. Definisi
gamifikasi dapat dibedakan dari serious game dan interaksi permainan pada dua
dimensi yaitu play/game dan seluruh/sebagian. Sumbu seluruh/sebagian
membedakan antara serious game dan interaksi permainan dengan gamifikasi,
sedangkan sumbu play/game membedakan antara sesuatu yang benar-benar
permainan atau interaksi permainan dan sesuatu yang seperti game.
Konsep penerapan gamifikasi secara sederhana sebenarnya sudah ada dalam
kehidupan sehari-hari, misalnya program akumulasi pembelian minimal 10 tiket
travel jatinangor-bandung dapat hadiah gratis tiket 1, belanja minyak goreng di
supermarket dengan jumlah tertentu berhadiah piring, serta aturan pembelian 
baju, gratis 1 baju dengan harga mengikuti harga baju yang murah dengan syarat
merknya harus sama. Aturan-aturan yang dibuat seperti itu dapat memotivasi dan
meningkatkan loyalitas pelanggan

No comments:

Post a Comment