Taliziduhu Ndraha (2014) menyebutkan ada 2 dimensi budaya kerja yaitu:
- Sikap terhadap Pekerjaan
Sikap terhadap pekerjaan yakni kesenangan akan kerja dibandingkan kegiatan
lain, seperti bersantai bukan semata-mata memperoleh kepuasaan dari
kesibukan pekerjaannya sendiri atau terpaksa melakukan sesuatu hanya untuk
kelangsungan hidupnya. Berikut indikatornya, yaitu :
a. Mau menerima arahan pimpinan.
b. Senang menerima tanggung jawab kerja.
c. Kerja sebagai ibadah.
d. Melaksanakan pekerjaan sesuai tugas.
e. Dapat mengatasi kendala kerja.
f. Dapat menyusun laporan kerja. - Perilaku pada waktu bekerja
Perilaku pada waktu bekerja seperti rajin, berdedikasi, bertanggung jawab,
berhati-hati, teliti, cermat, kemauan yang kuat untuk mempelajari tugas dan
kewajibannya, suka membantu sesama pegawai atau sebaliknya. Berikut
indikatornya, yaitu :
a. Disiplin kerja
b. Jujur dalam kerja
c. Komitmen kerja
d. Tanggung jawab terhadap pekerjaan
e. Kerjasama dengan rekan kerja
f. Mengevaluasi pekerjaan
No comments:
Post a Comment