Budaya kerja adalah suatu kebiasaan di pekerjaan yang dibudayakan
dalam suatu kelompok sebagai bentuk kerja yang tercemin dari perilaku mereka
dari waktu mereka bekerja sehingga perilaku atau kebiasaan secara otomatis
tertanam di dalam diri sendiri mereka sendiri. Berikut pengertin budaya kerja
menurut beberapa para ahli :
Tubagus A. Darodjat (2014:35) bahwa :
“Budaya kerja adalah ide, keahlian, seni dan lain-lain yang diberikan oleh
manusia dalam waktu tertentu. Budaya menyangkut moral, sosial, normanorma perilaku yang mendasarkan pada kepercayaan, kemampuan dan
prioritas anggota organisasi”
Gering (2010) bahwa :
“Budaya kerja adalah suatu falsafah dengan didadari pandangan hidup
sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang
dibudayakan dalam suatu kelompok dan tercermati dalam sikap menjadi
perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan serta tindakan yang terwujud
sebagai kerja atau bekerja”
Hartanto (2010) bahwa :
“Budaya kerja adalah suatu sistem makna yang terkait dengan kerja,
pekerjaan dan interaksi kerja yang disepakati bersama dan digunakan di
dalam kehidupan kerja sehari-hari”
No comments:
Post a Comment