Wednesday, March 13, 2024

Dimensi Komitmen Organisasi

 


Menurut Busro (2018 : 78) mengemukakan bahwa terdapat tiga
dimensi terpisah komitmen organisasional, yaitu :
1) Affective commitment, yakni berkaitan dengan adanya keinginan
untuk terikat pada organisasi atau keterikatan emosional karyawan.
Identifikasi dan keterlibatan dalam organisasi terjadi apabila
karyawan ingin menjadi bagian dari organisasi karena adanya ikatan
emosional atau merasa mempunyai nilai sama dengan organisasi.
2) Continuance commitment, yakni suatu kesadaran akan biaya-biaya
yang harus dikeluarkan atau ditanggung (kerugian baik finansial
maupun kerugian lain) berhubungan dengan keluarnya pegawai dari
organisasi.
3) Normative commitment, yakni suatu perasaan wajib dari pegawai
untuk tetap tinggal dalam suatu organisasi karena adanya perasaan
utang budi pada organisasi.
Yusuf (2018 : 39) menyebutkan dimensi komitmen organisasi antara
lain adalah :
1) Identifikasi dengan organisasi yaitu penerimaan tujuan organisasi,
dimana penerimaan ini merupakan dasar komitmen organisasi.
2) Keterlibatan yaitu adanya kesediaan untuk berusaha sungguhsungguh pada organisasi.
3) Loyalitas yaitu adanya keinginan yang kuat untuk menjaga
keanggotaan di dalam organisasi

No comments:

Post a Comment