Wednesday, March 13, 2024

Komitmen Organisasi

 


Komitmen organisasi adalah sebagai suatu keadaan dimana seorang
karyawan memihak organisasi tertentu serta tujuan dan keinginannya
untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut.
Samsuddin (2018 : 61)
Pengertian mengenai komitmen organisasi yakni adalah janji
(perjanjian/kontrak) untuk melakukan sesuatu. Janji pada diri kita sendiri
atau pada orang lain yang tercermin dalam tindakan kita. Komitmen
merupakan pengakuan seutuhnya, sebagai sikap yang sebenarnya yang
berasal dari watak yang keluar dari dalam diri seseorang.
Utaminingsih (2014 : 140)
Definisi Komitmen Organisasi sebagai kekuatan relatif dari
identifikasi individu terkait dengan keterlibatannya sebagai anggota
organisasi, maka hal ini menunjukkan sebagai konstruk yang
mempengaruhi perilaku individu dalam organisasi, yang menarik untuk
dikaji sebagaimana konsep kepuasan kerja keterlibatan kerja,
perkembangan karier, komitmen saat ini, dan intensitas keluar masuknya
karyawan dalam suatu organisasi.
Priansa (2018 : 234)
Menyatakan bahwa komitmen organisasi merupakan identifikasi
pegawai terhadap persetujuan untuk mencapai misi unit atau misi
organisasi.

No comments:

Post a Comment