Thursday, June 20, 2024

Atribut Produk

 


Pada dasarnya suatu produk terdiri dari sekumpulan atribut yang
menggambarkan ciri dari produk tersebut. Barang dalam arti sempit adalah
sebagai kumpulan atribut dan sifat kimia yang secara fisik dapat diraba dalam
bentuk yang nyata. Secara luas barang didefinisikan sebagai suatu sifat yang
komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba (temasuk bungkus, warna,
harga, prestice perusahaan atau lembaga tata niaga pelayanan perusahaan) yang
diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya. Simamora
(2002:92) menjelaskan bahwa jika suatu objek merupakan merek atau kategori
produk maka dapat diberikan dua pengertian tentang atribut objek.
Pertama, atribut sebagai karakteristik yang membedakan merek atau produk
dari yang lain. Kedua, faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam
mengambil keputusan tentang pembelian suatu merek ataupun kategori produk,
yang melekat pada produk atau menjadi bagian dari produk itu sendiri. Jika
pengertian pertama digunakan maka atribut produk meliputi dimensi-dimensi
yang terkait dengan produk atau merek seperti performans, conformans, daya
tahan, keandalan, desain, reputasi dan lain-lain. Sedangkan jika definisi yang
kedua digunakan, selain dimensi produk juga menyangkut apa saja yang
dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan untuk membeli, menonton,
memperhatikan suatu produk seperti harga, merek, ketersediaan produk, layanan
purna jual dan lain- lain.
Atribut produk dapat menjadi penilaian tersendiri bagi konsumen terhadap
suatu produk. Konsumen akan melakukan penilaian terhadap produk dengan
melakukan evaluasi terhadap atribut produk. Konsumen akan menggambarkan
pentingnya suatu atribut bagi dirinya. Dengan kata lain, karakteristik produk
menjadi perhatian konsumen untuk memilih suatu produk (Arifiana, dkk, 2013).

No comments:

Post a Comment