Bauran pemasaran merupakan strategi kombinasi yang dilakukan oleh
aneka macam perusahaan pada bidang pemasaran. Hampir semua perusahaan
melakukan strategi pemasaran ini untuk mencapai tujuan pemasarannya,
apalagi dalam kondisi persaingan yang sangat ketat.
Menurut Kotler dan Amstrong (2012:75) “Bauran pemasaran adalah
seperangkat alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai
target pasar.” Sedangkan Buchari Alma (2011:205) mengatakan bahwa
“marketing mix merupakan suatu rencana yang mengkombinasikan aktivitas-
aktivitas marketing, agar dicari kombinasi maksimum sehingga menghadirkan
produk yang diharapkan konsumen.”
Konsep bauran pemasaran menurut Kotler dan Keller (2012:25) terdiri
dari Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion
(Promosi) atau disebut dengan 4P.
- Product (Produk)
Produk merupakan sesuatu yang mampu di jual ke pasar untuk memperoleh
ketertarikan dari konsumen agar produk yang ditawarkan terjual, dalam
rangka memuaskan harapan serta kebutuhan konsumen. - Price (Harga)
Harga ialah suatu nilai atau kualitas yang dapat ditukarkan konsumen dengan
suatu produk atau jasa untuk menerima manfaat yang sama dengan
pengorbanan yang dikeluarkan. - Place (Tempat)
Aktivitas atau kegiatan dari suatu perusahaan untuk menyediakan suatu
produk, dan untuk sasaran pelanggannya yang mencakup transportasi, lokasi,
pergudangan, dan lain sebagainya. - Promotion (Promosi)
Promosi ialah suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan untuk membujuk
serta mengungkapkan manfaat berasal suatu produk agar konsumen tertarik
untuk membeli
No comments:
Post a Comment