Thursday, June 20, 2024

Pengertian Pemasaran

 


Pemasaran merupakan kegiatan yang mengatur sebuah lembaga dan
sebuah proses yang dapat menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan
serta bertukar penawaran yang mempunyai nilai bagi pelanggan dan warga
pada umumnya. Pemasaran merupakan proses sosial dimana individu serta
kelompok menerima apa yang diinginkan dan diperlukan melalui penawaran
dan mereka bebas menukarkan produk serta jasa (Kotler dan Keller, 2016:27).
Sedangkan menurut American Marketing Association (AMA) dalam Kotler dan
Keller (2009:5) Pemasaran merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian
proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan serta menyampaikan nilai pada
pelanggan dan untuk mengelola korelasi pelanggan dengan cara yang
menguntungkan organisasi serta pemangku kepentingannya.
Menurut Kotler dan Keller (2012:05), “Pemasaran adalah kegiatan yang
ditetapkan lembaga dan proses untuk menciptakan, berkomunikasi,
memberikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan,
klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya”. 

No comments:

Post a Comment